Doa Nabi Khidhir ‘Alaihis Salam

by yusnighazali

يا من لا يشغله سمع عن سمع

yaa man laa yusyghiluhu sam’un ‘an sam’in

Wahai Zat yang tak tersibukkan pendengaran-Nya karena mendengar yang lain

****

يا من لا تغلطه المسائل

yaa man laa tughlithuhul masaa`il

Wahai Zat yang tak terkelirukan (dalam memberi) meski banyak permintaan

****

يا من لا يتبرم بإلحاح الملحين

yaa man laa yatabarromu bi ilhaahil malhiin

Wahai Zat yang tak pernah bosan mendengar desisan keluh (para hamba)

****

أذقني برد عفوك وحلاوة رحمتك

adziqnii burda ‘afwika wa halaawata rohmatika

Berikan aku rasa akan sejuknya maaf-Mu dan manisnya rahmat-Mu

SEKELUMIT KETERANGAN
Begitulah diantara doa-doanya Nabi Khidhir as. Nabi Khidhir as. adalah sosok yang diperselisihkan ulama dari sejak dahulu mengenai apakah beliau masih hidup atau sudah meninggal. Sebagian ulama mengatakan masih hidup dan sebagian yang lain mengatakan sudah meninggal. Adapun nama asli beliau adalah Balya Ibnu Malkan. Bagi yang meyakini beliau masih hidup maka beliau mengikuti syariat Muhammad Saw. Dan, siapa pun nabinya yang hidup setelah Muhammad Saw., dia harus mengikuti syariat Muhammad Saw. Termasuk Isa as. kelak ketika turun ke dunia untuk menumpas Dajjal.

Hampir semua doa Nabi Khidhir as. yang tertuturkan dalam riwayat, berisikan pujian dan panggilan pada Allah Swt. melalui Asma-asma-Nya yang Agung. Dan, dengan bahasa Arab yang tua, atau bahkan dengan bahasa Ibrani. Seringkali Nabi Khidhir tidak meminta dengan sharih (jelas), beliau hanya meminta dengan sindiran saja. Ketika beliau merasa kesepian dan terasing maka menyeru, “Ya shaahiba kulli ghariib (wahai Zat yang menemani siapa saja yang terasing).” Ini tiada lain menunjukkan betapa tinggi makrifat beliau pada Allah Swt. sehingga malu, sungkan, kikuk, untuk meminta terang-terangan pada-Nya. Seolah dirinya tak layak meminta apapun, selain hanya memuji-Nya.

Tiada anugerah yang layak kita tuntut pada Allah Swt. selain ampunan-Nya. Maka istighfar, tobat, dan penyesalan adalah kunci utama dalam setiap doa. Semua doa hendaknya diawali dengan istighfar. Hanya itu yang sejatinya layak kita mintakan pada-Nya.